Cari Blog Ini

Senin, 09 Agustus 2010

Struktur Data

Untuk melakukan pengkodean program harus diketahui data apa yang terlibat atau akan dipakai dalam program. Data harus didefinisikan dengan baik dan benar agar program yang dibuat berfungsi dengan baik. Pemilihan tipe data yang kurang tepat akan menyebabkan program berjalan kurang baik atau bahkan mengalami kegagalan alias tidak berfungsi seperti yang diiginkan.
Dalam pemrograman data disimpan dalam bentuk variabel yang merupakan besaran atau data yang nilainya dapat berubah-ubah. Nilai variabel tergantung pada input yang dimasukkan. Di dalam pemrograman terstruktur variabel harus dideklarasikan dengan tipe data yang sesuai dengan data yang akan digunakan. Sebagai contoh data Nama siswa dapat dideklarasikan dengan tipe data string. Data panjang alas sebuah segitiga dapat dideklarasikan dengan tipe data integer atau real.
Macam-macam tipe data yang digunakan dalam melakukan pengkodean program diantaranya sebagai berikut :


Masing-masing tipe data mempunyai fungsi dan karakteristik yang spesifik. Suatu data dapat diwakili dengan tipe data yang berbeda namun ada juga yang dapat diwakili dengan tipe data yang sama. Sebagai contoh data jumlah penduduk dapat digunakan tipe data Number dengan jenis Integer karena jumlah penduduk merupakan bilangan bulat. Namun jumlah penduduk dapat juga menggunakan tipe real walaupun kurang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar