Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Agustus 2010

Pengenalan Bahasa Pemrograman

Program adalah instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar komputer dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu. Pemrograman adalah upaya untuk membuat program.
Komputer mempunyai bahasa dasar yang berupa bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa yang hanya mengenal kode biner (kode yang berisi angka 0 dan 1 saja) sehingga sangat sulit dibuat, maka diciptakanlah bahasa pemrograman agar mudah dalam pembuatan program. Pada dasarnya ada dua golongan bahasa pemrograman komputer, yaitu : bahasa pemrograman tingkat rendah (low level languages) dan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level lenguages).
Bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa yang berorientasi kepada mesin, yang termasuk dalam golongan ini adalah bahasa mesin (machine languages) dan bahasa rakitan (assembly languages).
Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang berorientasi pada bahasa manusia, umumnya kata-kata yang digunakan adalah bahasa Inggris. Contoh bahasa tingkat tinggi antara lain: Pascal, Basic, Cobol, Fortran, C dan C++.
Bahasa pemrograman selain bahasa mesin tidak dapat dipahami oleh komputer karena komputer hanya mengenal kode 1 dan 0, agar dapat dimengerti oleh komputer maka perlu diterjemahkan terlebih dahulu menggunakan Interpreter atau kompiler. Perbedaan antara Interpreter dan kompiler adalah pada Interpreter menerjemahkan perintah satu demi satu, sedangkan pada kompiler menerjemahkan perintah dari program langsung sekaligus semua perintah.

1 komentar:

  1. syukron ukhti.. Sangat membatu dalam mengisi soal tugas sekolah saya..^^

    BalasHapus