Cari Blog Ini

Sabtu, 30 Oktober 2010

WAN

Instalasi Jaringan di dalam ruangan

Tampak pada gambar adalah computer yang berfungsi sebagai gateway untuk operasi 24 jam ke Internet dari rumah saya. Komputer tersebut adalah Pentium I 166MHz dengan memory 64Mbyte RAM.









Saya menggunakan Linux Red Hat 9.0 sebagai system operasinya. Pada operasi normalnya, computer tersebut beroperasi dengan mode text tanpa Graphical User Interface (GUI) yang akan banyak menghabiskan memory.
Antenna luar untuk memperpanjang jarak jangkau
Komunikasi diletakan di atas atap klem ke pipa ledeng sepanjang 2 meter yang ditanam ke beton di dinding rumah saya. Antenna tersebut adalah antenna parabola dengan gain 19dBi; sebetulnya terlalu besar untuk mencapai akses point yang jaraknya hanya 1 kilometer dari rumah saya.

Gateway Pentium I tersebut diberi card Ethernet tanbahan untuk disambungkan ke jaringan computer local (LAN). Tampak pada gambar adalah tempat kerja saya yang terdiri dari banyak computer yang tersambung ke jaringan local dan ke Internet melalui wireless Internet melalui gateway Pentium I tersebut. Semua PC dapat secara simultan mengakses internet melalui jaringan tersebut.

Perangkat dasar WAN / Wifi

a. Antena Grid 2,4 Mhz / Omni 19 Dbi
b. Radio Outdoor / Indoor
c. Wire Less Router
d. Kabel UTP
e. Conector RJ 45
f. Switch Hub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar