Cari Blog Ini

Sabtu, 24 Juli 2010

FTP

Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali diperlukan transfer (pertukaran) data antar komputer. Sebagai contoh, saat ditemukan sebuah file atau program yang menarik san berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi, biasanya kita bekeinginan untuk menyyalin file atau program. Maka dipergunakan FTP (File Transfer Protocol) yang merupakan software tepopuler di kalangan user jaringan LAN dan atau internet yang memungkinkan untuk melakukan proses menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain yang letaknya berjauhan melalui internet . Dengan FTP ini dapat dilakukan tukar menukar informasi yang berupa file secara mudah dan murah.

Fasilitas FTP sering digunakan untuk menyalin (men-download) file dari server komputer yang ada di internet ke komputer lokal. File yang disalin (di-download) bisanya berupa sebuah file teks, file gambar, file suara, file program dan file-file lainyya sehingga muncul anggapan bahwa FTP merupakan suatu sarana umum untuk salling membagi data melaui internet. Komputer server yang menyediakan data dan informasi yang dapat di salin (di download) oleh usernya berjumlah cukup banyak, dan untuk dapat menyalin file sebuah server harus di ketahui lebih dahulu alamat lengkap situsnya.

Klien (komputer lokal) dan server (komputer remote) yang memiliki utilitas FTP tidak tergantung darimana lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya dan bahkan apa sistem operasi yang digunakannya. Selama komputer tersebut memiliki akses ke dalam jaringan LAN maupun internet, komputer tersebut masih dapat memanfaatkan fasilitas FTP.

Dengan kata lain selama sebuah sistem komputer memiliki protokol TCP/IP, maka fasilitas FTP dapat dimanfaatkan.Oleh karena itu, FTP menjadi jembatan antar sistem dalam melakukan proses transfer data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar